Komunitas itu Penting!


ditulis oleh Marcel Josojuwono, 16 September 2019


Seringkali kita berpikir bahwa kehidupan kekristenan hanya mencakup hubungan personal kita dengan Tuhan. Pergi ke gereja, berdoa, saat teduh di pagi hari atau merenungkan firman dirumah. Hal ini sangat baik dan tentu saja perlu kita semua lakukan. Akan tetapi jika hanya sampai disitu saja, tahukah anda bahwa anda telah melewatkan banyak hal dalam hubunganmu bersama Kristus?

Pada waktu Tuhan menciptakan manusia, Ia berkata bahwa tidak baik kalau manusia hidup seorang diri saja (Kejadian 2:18). Meskipun ayat ini sering dipakai dalam konteks menjelaskan hubungan pria dan perempuan, akan tetapi ayat ini juga menunjukkan bahwa sejak awal penciptaan, Tuhan sudah merencanakan bahwa manusia hidup dalam kelompok. Akan tetapi, seringkali kita menghindari untuk terlibat dalam komunitas dengan alasan sibuk, repot, atau bahkan karena takut kecewa. Padahal komunitas itu sangat penting dalam membangun hubunganmu bersama dengan Kristus.

Berikut ini merupakan tiga alasan mengapa anda harus hidup dalam komunitas yang benar di dalam Tuhan:

1. Komunitas yang benar mendorong anda untuk semakin serupa dengan Kristus.
Komunitas merupakan cerminan dari identitas Tritunggal yang merupakan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Ketika terlibat dalam komunitas, anda baru dapat merasakan bahwa Tuhan bekerja ketika hidup dengan sesama. Di komunitas inilah anda akan belajar untuk mengenal Tuhan dalam kehidupan sehari – hari. Sharing firman dan kesaksian akan memberikan anda kekuatan, motivasi dan rasa lapar untuk dapat merasakan kuasa Tuhan dalam hidupmu.

2. Komunitas melatih anda untuk mengetahui kelebihan, kekurangan dan bahkan juga panggilan hidup.
Tergabung dalam komunitas akan memaksa anda untuk membuka diri terhadap ajaran, teguran dan tantangan. Sesama anggota komunitas seharusnya saling memberikan masukan yang membangun sehingga anda dapat menemukan potensi, memperbaiki kekurangan dan bahkan memakai kelebihan anda untuk sesama. Hidup dalam komunitas yang benar sangat berkuasa dan dapat mempertajam setiap anggota untuk dapat berbuah dan menjadi terang Kristus. 

3. Komunitas memberikan kesempatan untuk belajar melakukan Firman Tuhan secara unity
Anda akan menyadari bahwa betapa menyenangkannya ketika anda dapat bersama – sama saling berlari untuk dapat memperdalam dan juga mempraktekkan Firman. Perbedaan pada setiap anggota komunitas itu justru merupakan sarana untuk saling melengkapi. Hidup dalam komunitas merupakan hidup yang saling berbagi, terbuka dan saling mendukung.

“dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.”

Ibrani 10:24

Masih ada banyak alasan mengapa komunitas itu penting. Oleh karena itu, jangan menjauhkan diri dari pertemuan ibadahmu karena ditempat inilah Roh Tuhan bekerja. Bila anda belum tergabung dalam komunitas apapun, coba tanya gereja lokal terdekat. Jangan ragu untuk masuk ke dalam komunitas dan jangan takut untuk membuka hidupmu. Apabila anda sudah tergabung, cobalah untuk lebih terlibat aktif melayani, sharing atau memberikan saran. Selamat menikmati hidup dalam berkomunitas!


Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s