Writing Tips For You

Kami yakin bahwa setiap orang diberikan potensi untuk mengkomunikasikan pengalamannya dengan Tuhan. Oleh karena itu kami sangat senang untuk belajar bersama dan juga membantu anda agar lebih efektif dalam menulis!

Berikut ini merupakan tips yang dapat anda pertimbangkan sebelum anda membuat artikel:

  1. Selalu Mulai Dengan Doa
    Tanyalah kepada Tuhan, apa yang hendak Ia sampaikan melalui anda? Bahkan pesan yang simpel pun bisa berdampak luar biasa bila anda menulisnya bersama dengan Roh Kudus.
  1. Tentukan Poin Utama
    Apabila ingin disimpulkan dengan satu kalimat, apa yang anda ingin sampaikan kepada pembaca? Terlalu banyak poin akan membuat pembaca bingung dan hilang arah.
  1. Buatlah Perencanaan
    Akan lebih mudah bagi anda untuk membuat kerangka dari tulisan anda yang berisi: (1) Pembuka, (2) Inti, (3) Penutup. Selain itu coba buat perencanaan yang meliputi: Apa pesan dari setiap bagian dalam tulisan anda? Siapa target pembaca utama dari tulisan anda? Berapa banyak poin yang dapat anda sampaikan?
  1. Pentingnya Pembukaan
    Paragraf pertama atau bahkan kalimat pertama dari artikelmu dapat menjadi suatu hook untuk membuat pembaca tertarik. Oleh karena itu pikirkan matang – matang pembukaanmu!
  1. Penutup Juga Harus Nyambung
    Perhatikan bagaimana anda mengakhiri tulisan anda. Jangan sampai kesimpulan anda berbeda dengan judul dan poinnya.
  1. Layar Ponsel vs Layar Komputer
    Sebagian besar orang akan membaca artikel anda melalui ponsel. Artikel yang pendek di komputer dapat menjadi sangat panjang di layar ponsel! Sebagai tips tambahan, cobalah ubah margin dokumen anda menjadi sangat sempit seperti melihat layar ponsel.
  1. Potong Artikel Anda Dengan Sub Judul
    Scroll di ponsel membuat orang lebih mudah untuk lupa sudah membaca artikel sampai mana. Akan lebih efektif ketika anda memberikan sub-judul setiap beberapa paragraf.
  1. Batasi Panjang Paragraf
    Kami menemukan bahwa paragraf yang terlalu panjang akan sangat sulit untuk dibaca di layar ponsel. Coba pecah paragraf anda apabila terasa sangat padat. Pada umumnya sekitar lima kalimat dalam satu paragraf masih mudah dibaca lewat ponsel.
  1. Beri Pembaca Kesempatan Bernafas
    Salah satu kesalahan yang sering kami temukan adalah kalimat yang sangat panjang tanpa jeda. Koma, koma, koma, dan seterusnya. Berilah waktu bagi pembaca untuk bernafas dengan memotong kalimat anda.
  1. Jangan Fokus Pada Jumlah Pembaca
    Berbagi dan bersaksi bukan diukur dari jumlah audience. Bahkan apabila Tuhan menghendaki artikel dipakai untuk menjangkau satu orang saja, so be it! Bagian anda adalah terus menjadi berkat bagi orang lain.

Semua poin diatas bukan aturan baku. Bahkan kami pun juga belum paling ahli dalam menulis. Akan tetapi anggaplah ini sebagai suatu latihan untuk bersaksi dan membagikan Firman Tuhan!