Gratis Bukan Berarti Murahan

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 4 April 2021


Coba tebak berapa harga tas wanita termahal di dunia? 10 juta? 100 juta?

Percaya gak kalau harga tas termahal itu adalah sekitar 4 juta dolar atau dalam rupiah sekitar 58 miliar? Saya sih gak habis pikir siapa yang mau beli dan pakai tas itu. Lucunya adalah menurut saya tas ini tidak ada bagus-bagusnya. Bahkan kalau saya diberikan tas ini tanpa diberi tahu harganya, saya mungkin akan berpikir kalau ini barang norak yang mungkin dijual di pasaran. Bisa jadi saya berikan ini ke orang tua saya dan bisa jadi juga dipakai jalan ke pasar untuk membeli sayur dan ikan. Gak masalah donk? Bukannya gratis?

Memang Keselamatan itu Diberikan Gratis …
Kalau dipikir-dipikir keselamatan dan kasih karunia yang diberikan kepada kita pun mirip seperti ilustrasi diatas. Tentunya kita semua tahu cerita mengenai kematian dan kebangkitan Yesus. Ketika Yesus mati di kayu salib dan berkata “Sudah selesai”, hal itu berarti dosa manusia sudah ditebus lunas tanpa pengecualian. Seketika pula ketika anda mengakui Yesus sebagai Juruselamat anda kan dinyatakan benar.

Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar …

1 Korintus 6:20a

Hal yang luar biasanya lagi, karena begitu besar kasih Allah akan seluruh manusia yang berdosa, Dia berikan semua itu gratis. Semua orang dapat tergabung untuk mendapatkan kasih karunia “gratis” itu seburuk apapun kelakuan orang tersebut. Semua sudah dibayar lunas dan tidak ada perbuatan anda yang berkontribusi menambah atau mengurangi keselamatan tersebut.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Efesus 2:8-9

… Akan Tetapi Gratis Bukan Berarti Murahan
Mengapa pada ilustrasi sebelumnya saya dengan mudahnya bisa memakai tas tersebut ke pasar? Bukan karena saya hidup kayak “sultan”, tetapi karena saya tidak tahu harganya semahal itu. Untuk orang yang mengerti nilai dari barang tersebut mungkin akan menghina saya karena saya gak pantas dapat barang itu. 

Sama seperti itu, meskipun keselamatan itu gratis diberikan untuk anda, bukan berarti harganya murahan. Justru sebaliknya karena sangat mahal harganya, tidak ada yang mampu membayar dan oleh karena itu Tuhan sendiri yang menebus lunas semuanya untuk anda. 

Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

1 Petrus 1:18-20

Ironisnya kita seringkali lupa atau bahkan tidak kenal akan nilainya. Kita pun menghidupi keselamatan yang diberikan selayaknya itu barang murahan. Bayangkan ada Allah pencipta alam semesta yang mau memusingkan hidup kita semua sampai Dia rela mengorbankan Anak-Nya yang tunggal. Semuanya cuma untuk kita.

Betapa berharganya kasih karunia yang diberikan kepada kita! Hal ini berarti betapa berharganya hidup anda dan saya di mata Bapa. Seharusnya kita tidak layak untuk mendapatkan itu, tetapi Dia tetap mau memberikan Keselamatan itu. Semua cuma karena Dia sangat mengasihi kita semua.

Meskipun keselamatan itu gratis diberikan untuk anda, bukan berarti harganya murahan

Jadi coba renungkan, apakah anda sudah memperlakukan keselamatan yang “gratis” itu sesuai dengan nilai sebenarnya? Atau justru anda bawa barang berharga itu sama seperti membawa tas mahal ke pasar? Ingat anda boleh dapat barang itu gratis, akan tetapi bukan berarti barang itu murahan.



Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s