Satu-Satunya Asuransi Keselamatan

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 2 April 2021


“Bro, ada waktu buat ngobrol? Gua mau ada survey nih”

“Duh pasti mau jualan asuransi kan lu, gausa basa - basi deh. Lagipula gua udah punya asuransi.”

“Eh tunggu dulu, yang mau gua tawarin lain daripada yang lain.”

“Emang produk apaan sih? Semua sama aja lah.”

“Oh tentunya beda donk. Soalnya yang mau gua tawarin benefitnya dikasih di depan”

“Ah mana mungkin, emangnya produk apaan bisa begitu?”

“Eh beneran bro, manfaat utama pertanggungannya muncul di depan langsung begitu lu tergabung. Tapi gak cuma itu, lu juga bakal dapet begitu banyak hal baik lain sampe seumur hiduplu!”

“Ini produk bohong lah pasti, lagian mau bayar berapa produk kayak gitu.”

“Nah karena emang gak ada yang mampu bayar, makanya si owner uda bayarin premi lunas! Trus siapapun juga bisa join. Mau lu muda, tua, penyakitan, sehat, kaya, miskin, pokoknya semua boleh ikutan dan semuanya dapat bagian yang sama!”

“Mana ada orang sebaik itu. Emang sebenernya ini produk apaan?”

“Oh simpel bro, ini namanya produk asuransi KESELAMATAN!”


Satu – Satunya Jalan
Percakapan diatas merupakan sebuah perumpamaan apabila kita menggambarkan keselamatan sebagai sebuah produk asuransi. Di tengah begitu banyaknya bentuk asuransi dengan berbagai manfaat, tidak ada satupun asuransi yang memberikan jaminan keselamatan. 

Ingat kata kuncinya disini adalah jaminan dan itu pun sudah diberikan kepada anda. Semua bentuk kepercayaan boleh menjanjikan surga di masa depan, akan tetapi hanya Yesus sendiri yang berani menjamin dan bahkan sudah memberikan surga itu sendiri. Itu semua datang dari inisiatif Allah oleh karena kasih-Nya yang begitu besar kepada umat manusia. 

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Yohanes 14:5

Hanya melalui Yesuslah satu-satunya jalan keselamatan. Semua itu sudah diberikan di depan di kayu salib. Kematian dan kebangkitan-Nya menghapuskan dosa anda dan membuat anda dapat kembali terhubung dengan Allah Bapa. Tidak ada bagian dari campur tangan anda yang dapat menambahkan atau mengurangi keselamatan itu. 

Menerima Yesus Sebagai Juruselamat

“Jadi gimana? Apakah lu mau join dalam Keselamatan ini?”

“Gua mau banget tapi gua gak yakin nih kalau apply bisa lolos nih. Kan lu tau hidup gua rusak gini”

“Untuk daftar gak pake ribet dan semua itu gak diliat. Semua orang diajak untuk ikut, serusak apapun hidupnya. Yang diperluin itu cuma lu untuk menerima Yesus sebagai Juruselamat dalam hiduplu. Ini bukan cuma ikut-ikutan biar ga FOMO ya. Ini harus keputusan dari dalem hatilu."

“Ok bro, how do I sign up?

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda menerima Yesus sebagai Juruselamat dalam hidup anda? Ajakan ini ditawarkan kepada semua manusia tanpa terkecuali. Dia tidak memandang usia, umur, masa lalu atau keadaan anda. Semua boleh menikmati bagian dari Keselamatan itu secara penuh. Ingat hanya melalui Dialah satu-satunya jalan menuju Keselamatan.

So, how to sign up? Jika sama seperti percakapan diatas anda memutuskan untuk menerima Yesus sebagai Juruselamat, saya ingin mengajak anda untuk berdoa bersama seperti berikut:

“Tuhan Yesus, pada hari ini kudatang kepadaMu untuk meminta ampun atas semua dosaku. Kupercaya bahwa Engkaulah Yesus Kristus yang mati dan bangkit untuk menebus dosa manusia dan dengan iman aku terima Engkau sebagai Juruselamat dalam hidupku. Terima kasih Tuhan karena Engkau sudah menerimaku. Ajar aku Tuhan untuk dapat menghidupi keselamatan yang telah Kau beri. Dalam nama Tuhan Yesus, Amin!”



Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s