Jangan Sembunyikan Terangmu

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 28 Maret 2021


This little light of mine, I’m gonna let it shine
Let it shine, let it shine, let it shine

Lagu diatas tersebut merupakan lagu yang seringkali dinyanyikan di sekolah minggu. Liriknya memang sangat sederhana, akan tetapi kalau kita pikirkan kembali artinya sangat dalam. Ketika kita berbicara mengenai terang, mari kita kembali kepada Firman Tuhan:

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

Matius 5:14

Ironisnya seringkali kita menyembunyikan terang tersebut dengan berbagai macam alasan. Dunia akan dengan berbagai cara akan membuat anda menyembunyikan terang tersebut. Strategi untuk mengubah paradigma anda terhadap terang pun hanya dengan memutar balikkan kebenaran. Mulai dari mengubah paradigma kasih Bapa di dalam keluarga, perspektif terhadap uang dan kekayaan, memutar balikkan fakta akan penciptaan dan masih banyak lagi. 

Singkatnya semua tipu muslihat itu digunakan untuk membuat anda merasa bahwa terang itu sudah tidak lagi bercahaya karena dunia yang sudah terlalu gelap. Hal ini karena si jahat tahu bahwa ketika bahwa sekecil apapun terang tersebut, kegelapan tidak dapat berdaya.

Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Yohanes 1:5

Jadi mari kita renungkan, apakah anda sedang menyembunyikan terang anda? Ketika memutuskan untuk mengikut Yesus, terang itu berarti menjadi di dalam anda. Hal ini karena Yesus itu merupakan terang itu sendiri. 

Pada akhirnya saya ingin mengajak anda merenungkan bait kedua dari lagu yang kita simak di awal tulisan ini:

Jesus is the light, I’m gonna let Him shine
Let Him shine, let Him shine, let Him shine

Ingat terang itu ada untuk ditempatkan di tempat gelap. Oleh karena itu jangan sembunyikan terangmu. Biarkan terang Kristus bersinar dari hidup anda.



Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s