Panggilan Tanpa Peduli Status

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 31 Januari 2021


Kamu adalah terang dunia…

Matius 5:14a

Coba renungkan sejenak apa respon anda ketika mendengar perkataan Yesus berikut? Mendengar ini banyak yang berkata “Amin!”. Akan tetapi apabila ditanya kesiapannya, berapa banyak yang selanjutnya berkata, “Oh kayaknya saya belum siap”, “Saya lagi mau fokus sama personal dulu nih”, atau mungkin ada juga yang berkata, “Tapi saya kan sekarang belum jadi apa-apa”.  Seakan-akan menjadi terang itu hanya bisa dicapai apabila anda mencapai status tertentu. 

Tidak heran ada lelucon di kalangan gereja, “Tuhan ini aku, pakailah dia!” Lelucon ini seringkali kita dengar sebagai sindiran kepada orang percaya. Akan tetapi kalau dipikir memang seringkali ini merefleksikan respon kita terhadap Yesus. 

Jadi Terang Tidak Harus Punya Status Dulu
Ketika Yesus berkata bahwa kita adalah terang dunia, itu bukanlah panggilan untuk sejumlah orang tertentu saja. Dengan jelas dia berkata “kamu” yang berarti anda dan saya semua tanpa ada pengecualian. Ya, benar Yesus sangat serius ketika berkata bahwa anda terang dunia yang bersinar. Dia tidak melihat apakah anda sudah punya kedudukan yang tinggi di perusahaan atau seberapa banyak uang anda.

Ketika Yesus berkata bahwa kita adalah terang dunia, itu bukanlah panggilan untuk sejumlah orang tertentu saja

Tuhan tidak pernah melihat status seseorang untuk melakukan karya besarnya. Sebagai contoh apabila anda membaca cerita Yusuf, terang itu tetap bersinar mulai dari dia menjadi budak, berada di penjara, hingga menjadi orang nomor dua di Mesir.

Menjadi terang bukan berarti anda harus meninggalkan pekerjaan anda dan menjadi full timer di gereja. Anda bisa menjadi terang dimanapun dan kapanpun. Semua orang dipanggil untuk menjadi terang dan yang dibutuhkan adalah respon anda. 

Saat ini coba renungkan kembali, siapkah anda menjadi terang itu? Dia tidak melihat segala kekurangan anda, melainkan justru Dia ingin menunjukkan bahwa dalam kekurangan anda justru terangnya semakin bersinar. Apapun kondisi anda saat ini, Dia tetap memanggil dan memerintahkan anda untuk menjadi terang. Jadi bagaimana respon anda?



Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

One Reply to “Panggilan Tanpa Peduli Status”

  1. Benar sekali. Biar tulisan ini membangkitkan kesadaran kita bahwa Tuhan cuma perlu jawaban: “Aku siap Tuhan pakai hidupku”. Gbu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s