Menjadi Solusi Lewat Doamu

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 23 Januari 2021


“Nanti kita bantu dukung dalam doa ya.”

Tentunya kalimat ini sudah sering anda dengar dalam percakapan baik orang percaya ataupun bukan. Akan tetapi berapa banyak dari anda ketika mengatakan hal tersebut benar-benar membawa hal tersebut dalam doa? Seakan-akan kalimat ini sudah menjadi template hanya untuk menjadi penghiburan kepada teman yang kesulitan.

Percayakah anda bahwa ketika anda membawa orang lain dengan sungguh-sungguh dalam doa dapat menggerakkan Tuhan untuk bertindak? Saya ingin mengajak anda untuk melihat suatu kejadian menarik yang tertulis di Kisah Para Rasul 12. Ketika itu umat percaya sedang mengalami begitu banyak tekanan dimana para pemimpin gereja ditangkap dan bahkan terdapat perintah untuk membinasakan. Petrus sebagai salah satu pemimpin pun akhirnya ditangkap dan dipenjarakan. Akan tetapi perhatikanlah bagaimana respon jemaat dalam menghadapi situasi mustahil ini.

Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah.

Kisah Para Rasul 12:5

Alkitab secara jelas mencatat bahwa para jemaat dengan tekun mendoakan Petrus. Hal ini berarti para jemaat dengan sungguh-sungguh memakai waktunya untuk terus meminta pertolongan Tuhan kepada Petrus. Apabila anda melihat kelanjutan ceritanya, terlihat bahwa semua orang kebingungan mulai dari Petrus, penjaga penjara, hingga jemaat yang mendoakannya. Bayangkan saja bagaimana mungkin bisa rantai penjara gugur dan pintunya terbuka begitu saja. Perhatikan bahwa para jemaat tidak dapat melakukan apapun selain berdoa. Akan tetapi doa yang mereka panjatkan dapat membuat hal yang mustahil menjadi kenyataan.

Sama seperti itu, doa yang anda panjatkan untuk orang lain dapat menggerakan hati Tuhan untuk bertindak. Ketika anda memberikan dukungan dalam doa dengan sungguh-sungguh, bisa jadi itu adalah hal terbaik yang anda berikan untuk mereka. Doa anda berkuasa karena Tuhan yang berkuasa. Sebaliknya, ketika anda mengecilkan arti doa hanya sebatas ucapan dukungan, hal itu sama dengan anda juga meragukan kebesaran Tuhan.

Ketika anda memberikan dukungan dalam doa dengan sungguh-sungguh, bisa jadi itu adalah hal terbaik yang anda berikan untuk mereka.


Hari ini ambil waktu sejenak dan coba renungkan siapa orang disekitar anda yang membutuhkan pertolongan Tuhan? Cobalah bawa mereka kedalam doa keseharian anda dan katakan kepada Tuhan apa yang menjadi kerinduan hati anda untuk mereka. Tidak hanya itu saja ambillah juga langkah iman untuk mendoakan mereka secara langsung. Ingat doa anda dapat menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan.



Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s