Suatu Penantian yang Aktif

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 17 Januari 2021


Nantikanlah Tuhan! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah Tuhan!

Mazmur 27:14

Kata “menanti” atau “menunggu” pada umumnya dikonotasikan dengan hal yang negatif. Sebagai contoh berapa banyak dari kita yang excited ketika harus menunggu antrian perpanjangan surat izin mengemudi? Atau mungkin berapa banyak yang suka menunggu lama digantungin seseorang hanya untuk dijawab apakah dia mau jadi pacar anda?  Tidak ada yang suka dengan menunggu karena kita hanya bisa pasif, tidak berdaya, dan terkadang tidak bisa mengharapkan siapapun.

Ironisnya seringkali itulah respon kita ketika sedang menantikan Tuhan, baik itu menunggu akan janji-Nya atau menunggu untuk Dia melakukan sesuatu dalam hidup. Banyak yang bahkan tidak mau berekspektasi karena takut kecewa atau bahkan mungkin sudah kecewa. Kita pun jadi sering memasang posisi pasif dalam menunggu Tuhan, seakan-akan ketika Firman berkata “Nantikanlah Tuhan” itu cuma harapan palsu saja. 

Menanti itu Aktif bukan Pasif
Lalu bagaimana seharusnya kita menantikan Tuhan? Saya baru mengerti akan arti penantian ketika menyaksikan bagaimana istri mengandung selama 9 bulan. Memang hal ini terkesan aneh, akan tetapi saya ingin mengajak anda merenungkan hal ini sebentar.

Dalam masa penantian tersebut, seorang calon ibu pasti akan membangun suatu ekspektasi akan suatu yang sangat indah. Ia akan membangun rencana masa depan seakan-akan anaknya sudah lahir. Semua barang akan dipersiapkan untuk menyambut kedatangan sang buah hati. Ia juga akan berpikir dan memperkatakan hal yang baik terhadap calon anaknya. Bahkan di tengah momen yang sakit pun pasti akan tetap berjuang menunggu karena tahu diujung sana pasti akan sangat worth it. Singkatnya sang calon ibu menunggu dengan aktif dan melihat jauh kedepan karena ada satu pengharapan yang sangat besar.

Ketika anda menantikan Tuhan, iman anda seharusnya membuat anda menjadi aktif untuk melihat kedepan

Seperti itulah gambaran seorang percaya seharusnya menunggu akan Tuhan. Ketika anda menunggu, iman anda seharusnya membuat anda menjadi aktif untuk melihat kedepan. Ada suatu keyakinan yang membuat anda tahu bahwa sepanjang dan sesakit apapun prosesnya, ujungnya pasti akan indah. Proses penantian itu akan menunjukkan seberapa percaya anda kepada Tuhan dan membuat anda menjadi excited untuk melihat karya besar Tuhan.

Pada hari ini saya ingin mengajak anda untuk renungkan hal ini sebentar. Berapa banyak dari anda yang saat ini sedang menanti akan Tuhan? Mungkin anda berpikir kapan Tuhan akan bertindak? Mungkin juga anda sudah nyaris putus harapan. Akan tetapi percayalah, Tuhan tidak akan pernah mengecewakan anda.  Dia punya rencana yang sangat indah. Bahkan percayalah hasilnya pun bahkan akan jauh lebih dari yang anda harapkan. Oleh karena itu mulailah pasang posisi aktif dalam menunggu, teguhkanlah hati anda dan lihatlah kedepan.

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin.

Efesus 3:20-21


Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

One Reply to “Suatu Penantian yang Aktif”

  1. Sesuatu yang kita anggap sebagai hal yang pasif, tidak berguna, lama, mungkin tidak produktif dan seterusnya; tetapi ketika perspektif kita berubah menurut perspektif Tuhan maka kita akan melihat dan menikmati hasil yang berbeda. Tulisan ini sangat membangun dan mengubah perspektif. Terus berkarya. Gbu

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s