Kalau Ada Tamu Jangan Cuma Sibuk di Dapur

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 11 Januari 2021


Apa yang akan anda lakukan, apabila tiba-tiba Bapak Presiden datang blusukan ke rumah toko anda?

Mungkin anda akan langsung pusing memikirkan minuman apa yang harus anda buat, makanan apa yang harus anda hidangkan, apakah toiletnya sudah anda bersihkan, apakah anda memakai baju yang layak, dan seterusnya. Padahal sebenarnya tujuan Presiden blusukan adalah untuk bincang – bincang dan mengetahui langsung pendapat dari anda. Semua yang anda persiapkan itu menjadi tidak penting karena bukan itu yang menjadi tujuan utamanya.

Satu Hal yang Terpenting
Dalam Lukas 10:38-42 anda akan menemukan suatu kisah ketika Yesus sedang bertamu dan dijamu oleh Marta dan Maria. Apabila anda membaca lebih lanjut anda akan menemukan bahwa kedua wanita ini memiliki respon yang berbeda ketika menyambut kedatangan Yesus.

Bagi Marta karena kedatangan tamu penting, dia perlu mempersiapkan begitu banyak hal. Akan tetapi karena terlalu sibuk, dia bahkan lupa untuk menghabiskan waktunya dengan tamunya sendiri.  Di sisi lain, Maria tidak memusingkan hal itu semua dan hanya melakukan satu hal yaitu duduk bersama dengan Tuhan. Selanjutnya perhatikan apa yang Yesus katakan:

Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu; Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Lukas 10:41-42 [TB]


Yesus berkata bahwa dari begitu banyak pilihan opsi respon yang dapat dilakukan ternyata hanya ada satu yang paling penting. Maria tidak hanya duduk berbincang dengan Yesus, akan tetapi terlebih dari itu dia bahkan memilih untuk duduk di dekat kaki Yesus. Satu hal yang terpenting tersebut berbicara mengenai kerinduan untuk berada dekat dengan hadirat Yesus. Maria tahu bahwa kedekatan itu jauh lebih berharga dari hal lain.

Ketika Yesus Datang Bertamu
Hal yang sama pun juga relevan dengan hidup ini. Saat ini Yesus sedang mengetuk pintu hati anda untuk bertamu dan mungkin anda sudah membukakan pintu untuk Dia masuk. Akan tetapi itu semua tidak cukup kalau anda melewatkan satu hal yang terpenting yaitu menikmati waktu bersama dengan-Nya. 

Mungkin ada yang sibuk di dapur mempersiapkan makanan sajian terbaik untuk Dia. Ada juga yang mungkin sibuk untuk berbenah dan bersih-bersih karena merasa tidak layak bertemu Dia. Ada yang mungkin masih di ruang kerja karena sibuk dengan segala tuntutan pekerjaan. Atau bahkan lebih parah lagi ada yang tinggal tidur saja. Singkatnya kesibukan dan segala situasi dalam hidup dapat membuat anda lupa akan satu hal yang terpenting yaitu untuk duduk menikmati hadirat Tuhan. 

Hanya satu yang kuminta kepada Tuhan, hanya inilah yang kuingini: diam di Rumah Tuhan seumur hidupku, untuk merasakan kebaikan Tuhan dan mohon bimbingan-Nya.”

Mazmur 27:4 [BIS]


Saat ini coba ambil waktu sejenak untuk stop dari semua kesibukan anda dan duduk di dekat kaki-Nya. Coba sadari betapa berharganya kehadiran-Nya dan itu jauh lebih penting dari hal yang lain. Ingat jangan sampai anda cuma sibuk di dapur kalau ada tamu penting datang ke rumah anda.



Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s