Awas Salah Pegang!

ditulis oleh Marcel Josojuwono, 9 Juni 2020


Setiap orang pada umumnya pasti memiliki hal yang dia pegang dan banggakan dalam hidup. Ada yang berpegang pada tingkat edukasi, posisi, status sosial, harta atau tidak sedikit juga yang menggantungkan hidupnya pada penampilan fisik. Semua itu dicari karena dianggap dapat menjadi identitas dan eksistensi diri dalam hidup ini. Bahkan ketika sudah didapatkan, tentunya tidak akan dilepaskan apapun caranya.

Akan tetapi situasi yang terjadi belakangan ini membuktikan bahwa ternyata semua itu bisa jadi tidak ada artinya. Orang sehat bisa meninggal karena virus. Orang kaya bisa bangkrut di tengah pandemi. Orang pintar pun bisa tidak punya pekerjaan karena phk. Mulai dari perorangan bahkan sampai skala negara pun dapat diputar balikkan dalam sekejap. Semua itu membuat orang menjadi insecure karena apa yang tadinya menjadi kebanggaan mendadak menjadi tidak ada nilainya.

Coba perhatikan ayat yang tertulis dalam kitab Mazmur berikut:

Seorang raja tidak akan selamat oleh besarnya kuasa;
Seorang pahlawan tidak akan tertolong oleh besarnya kekuatan.
Kuda adalah harapan sia – sia untuk mencapai kemenangan, yang sekalipun besar ketangkasannya tidak dapat memberi keluputan.

Mazmur 33:16-17

Ayat tersebut dengan jelas menyatakan bahwa apa yang anda banggakan tersebut ternyata tidak dapat memberikan jaminan bahwa anda dapat selamat dan lolos dari tantangan di masa yang akan datang. Ironisnya tidak sedikit orang yang menjadikan pegangan fana tersebut menjadi identitas dirinya. Tidak heran banyak yang mengalami depresi ketika hal tersebut diambil darinya.

Akan tetapi mari kita bandingkan ayat sebelumnya dengan ayat berikut:

Orang ini memegahkan kereta dan orang itu memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama Tuhan, Allah kita.
Mereka rebah dan jatuh, tetapi kita bangun berdiri dan tetap tegak.

Mazmur 20:7-8

Harta anda boleh habis, pekerjaan anda bisa hilang, atau fisik anda bisa berubah. Tuhan tidak menjanjikan bahwa langit terus cerah dan biru. Akan tetapi satu hal yang pasti bahwa berpegang pada Tuhan akan membuat anda tetap tegak. 

Tuhan saat ini sedang mengulurkan tangan-Nya dan menunggu anda untuk menggenggamnya

Kondisi sulit yang sedang anda hadapi mungkin merupakan cara Tuhan untuk membuat anda melepaskan pegangan anda. Tuhan saat ini sedang mengulurkan tangan-Nya dan menunggu anda untuk menggenggamnya. Sukacita dan damai sejahtera Kristus akan membuat anda tetap tenang ditengah badai karena Dia adalah batu karang yang teguh.


Sparks! dibuat dengan suatu kerinduan agar semua orang dapat berkontribusi membagikan api kecilnya kepada orang lain. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s