Masih Ada Harapan


ditulis oleh Marcel Josojuwono, 20 April 2020


Dimulai dengan banjir yang melanda ibukota. Selanjutnya kebakaran besar terjadi yang menjadi fokus internasional. Ketika sudah mulai mereda tiba – tiba wabah penyakit pun melanda. Bahkan tidak hanya itu saja, dampaknya pun ternyata bisa sampai melumpuhkan perekonomian.

Di tengah kondisi yang seakan – akan tidak ada harapan ini, saya ingin mengajak anda untuk melihat ayat berikut:

“Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis – habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu”

Ratapan 3:21-23

Kata “tak berkesudahan” dalam ayat tersebut berarti tidak ada ending dan garis finish dari kasih Tuhan. Tidak hanya itu saja, bahkan kasihnya baru dan fresh  setiap hari! Tuhan selalu punya cara kreatif untuk menunjukkan betapa Dia mengasihi anda. Ketika anda merenungkan ini, seharusnya anda menyadari bahwa semua itu cukup bagi anda untuk menaruh pengharapan pada-Nya.

Apapun situasi yang anda alami, tidak dapat mengubah fakta bahwa Tuhan itu setia. 

Mungkin saat ini anda sedang putus asa karena kehilangan pekerjaan. Atau mungkin anda sedang struggle karena kondisi ekonomi yang berdampak pada penjualan bisnis anda. Beberapa dari anda juga sedang fight terhadap penyakit yang sedang dialami. Akan tetapi, ingat bahwa pesan Tuhan kepada anda adalah: “Masih ada Harapan!”. Apapun situasi yang anda alami, tidak dapat mengubah fakta bahwa Tuhan itu setia.

Ambillah waktu sejenak untuk datang kepada Tuhan dan nyatakan segala kekhawatiran anda. Dia ingin mendengar keluh kesah anda dan bahkan juga ingin menunjukkan kasih setia-Nya lewat apa yang sedang anda alami. Berharaplah kepada Tuhan dan ingatlah selalu akan kasihNya!


Sparks! dibuat dengan suatu kerinduan agar semua orang dapat berkontribusi membagikan api kecilnya kepada orang lain. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s