[Re]Solusi


ditulis oleh Marcel Josojuwono, 10 Januari 2020


Memasuki tahun yang baru tentunya kita memiliki banyak hal yang ingin dicapai. Kata “resolusi” pun menjadi sangat populer karena sebagai manusia tentunya kita menginginkan ada suatu perubahan ke arah yang lebih baik.

Akan tetapi belum lama ini terjadi hal unik ketika saya sedang merenungkan resolusi tahun baru. Ketika saya mulai menuliskan beberapa poin, tiba – tiba terbesit di hati saya “Mengapa semua resolusi ini berpusat pada diri sendiri?”

Sebagai orang percaya Tuhan menghendaki kita semua untuk menjadi garam dan terang dunia. Berarti seharusnya kita semua harus menjadi solusi-Nya Allah dimanapun kita berada. Akan tetapi bukankah hal ini ironis mengingat bahwa apa yang menjadi resolusi kita hanyalah meminta jawaban untuk diri sendiri saja? 

Berikut ini merupakan tiga hal yang harus anda ketahui sebelum daftar resolusi anda hanyalah untuk diri anda saja!

1. Anda Diperlengkapi Untuk Menjadi Berkat
Dalam kitab Lukas 9:1-2, tercatat bahwa Yesus memberikan kuasa kepada kedua belas murid untuk mengusir setan dan menyembuhkan penyakit. Hal ini pun nyata karena pada ayat 6 alkitab mencatat bahwa murid tersebut memang benar melakukan karya mujizat kesembuhan. Singkatnya murid Yesus diperlengkapi dengan kapasitas yang cukup untuk menjadi berkat bagi orang lain. 

Sama seperti kedua belas murid, anda pun diberikan suatu kapasitas yang sama untuk menjadi berkat. Segala talenta dan kondisi anda saat ini merupakan bagian dari kapasitas yang Tuhan beri bagi anda untuk menjadi terang bagi dunia. Coba renungkan segala hal yang anda miliki saat ini! Bagaimana anda dapat menggunakan hal tersebut untuk menjadi berkat bagi masalah disekitar anda?

2. Anda Ditempatkan Untuk Menjadi Dampak
Anda harus sadar bahwa hidup anda saat ini adalah bagian rencana besar Tuhan. Alkitab mencatat bahwa Tuhan menempatkan orang di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Perhatikan ayat berikut dari Ester 4:14, “ … siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.”

Kedudukan Ester sebagai ratu pada saat itu merupakan bagian dari rencana Tuhan untuk menyelamatkan bangsa Israel. Tidak ada yang kebetulan! Coba renungkan segala situasi sedang dihadapi keluarga, perusahaan, atau kota anda? Jangan – jangan keberadaan anda merupakan rencana Tuhan untuk menjadi dampak di situasi tersebut?

3. Anda Diutus Untuk Menjadi Solusi
Ketika Yesus memperlengkapi murid – murid dengan kuasa-Nya, Dia juga memberikan mandat untuk mereka melangkah masuk ke dalam kota dan rumah – rumah untuk memberitakan injil. Demikian juga dengan anda. Saat ini Tuhan mengutus anda untuk melangkah dan memberikan solusi terbaik bagi dunia yakni Yesus Kristus! 

Jadi kami adalah utusan – utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

2 Korintus 5:20


Bukankah ini merupakan suatu kehormatan bahwa anda merupakan perwakilan dari Kerajaan Allah untuk memberitahukan solusi jalan keselamatan bagi dunia? Coba renungkan siapa di sekeliling anda yang masih belum mengenal Yesus? Bagaimana anda dapat melangkah untuk memperkenalkan Yesus kepadanya?

Jadi bagaimana dengan resolusi tahun baru anda? Apakah isinya masih penuh dengan kebutuhan anda saja? Saya ingin mengajak anda untuk coba merenungkan kembali apa yang Tuhan kehendaki bagi anda di tahun ini. Ingat resolusi yang anda rencanakan dapat menjadi solusi Allah bagi dunia ini.


Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s