Hati – Hati Main Hati!


ditulis oleh Marcel Josojuwono, 26 September 2019


Kata sapaan “Apa kabar?” mungkin sudah menjadi kosakata percakapan sehari – hari. Karena terlalu sering ditanya, kita pun sering menjawab dengan spontan “Baik kok”. Akan tetapi pernahkah anda memikirkan sejenak bagaimana sebenarnya kabar anda hari ini? Pertanyaan ini sebenarnya jauh lebih dalam daripada kedengarannya. Seringkali kita merasa bahwa kita sedang tidak apa – apa padahal apa yang sedang terjadi di dalam diri anda tidak begitu. Sebagai contoh, pernahkah anda berbicara dengan seseorang yang respon dan pemikirannya selalu hal yang negatif? Orang itu bisa saja merasa dirinya baik – baik saja padahal sebenarnya responnya adalah cerminan dari apa yang terjadi di dalam.

Tahukah anda bahwa bahwa di alkitab terdapat lebih dari 1.000 kata “hati”? Hal ini tentunya menunjukkan betapa pentingnya hati seseorang dimata Tuhan. Akan tetapi di satu sisi lain Yeremia 17:9 tertulis: “Betapa liciknya hati, lebih licik daripada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?”. Ayat ini menyatakan bahwa ironisnya kondisi hati seringkali menipu tidak hanya orang lain tetapi bahkan sang pemilik hati tersebut. Kalau demikian bagaimana caranya untuk dapat mengenal kondisi hati? 

“Kondisi hati seringkali menipu tidak hanya orang lain tetapi bahkan sang pemiliki hati”

Berikut ini merupakan tiga hal yang perlu diketahui agar anda dapat mengenal dan menjaga hatimu:

1. Menjaga hati haruslah intensional
Amsal 4:23 berkata “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan”. Kata menjaga di ayat ini merupakan kata kerja aktif dan hal ini berarti haruslah ada suatu kesadaran untuk menjaga kondisi hati. Anda tidak bisa mengharapkan bahwa kondisi akan semakin baik jika tidak ada niat dan usaha untuk menjaganya.

2. Diperlukan keterbukaan untuk dapat mengenal hatimu
Sosok Daud merupakan contoh yang sangat tepat jika anda ingin belajar mengenai bagaimana seseorang dapat sukses menarik perhatian Allah karena hatinya. Di Mazmur 139:23, Daud dengan jelas membuka dirinya supaya Allah dapat menyelidiki dan mengenal hatinya. Hal ini sangat luar biasa karena ini menunjukkan keterbukaannya terhadap proses Allah untuk menegur ketika hatinya sudah menyimpang. 

3. Belajar untuk mendengar nasihat dan teguran
Keterbukaan tidak ada artinya apabila anda tidak mau menerima saran dari orang lain. Membuka hati anda kepada Tuhan berarti anda juga harus berani untuk membuka hati terhadap sesama. Hal ini sangat tidak mudah mengingat sangat tidak nyaman apabila ada orang lain yang masuk dan berkomentar terhadap hal yang sangat sensitif. Ketika mendapatkan teguran atas kesalahannya, Daud langsung bertobat tanpa menyangkal perkataan dari nabi Natan (2 Samuel 12:13). Belajarlah untuk lebih cepat mendengar daripada marah ketika ditegur orang lain. Jangan – jangan justru itu sebenarnya suara Tuhan untuk hidup anda!

Apa yang keluar dari mulut dan pikiran anda merupakan cerminan dari apa yang terjadi di dalam hati. Mintalah kepada Roh Kudus untuk menunjukkan hal apa yang harus anda ubah. Jadi bagaimana kabar anda hari ini? Ingat bahwa anda harus menjaga hati dengan segala kewaspadaan. Oleh karena itu hati – hati ketika bermain hati!


Sparks! merupakan sarana renungan kristen yang bertujuan untuk memperlengkapi kehidupan saat teduh setiap orang percaya. Sparks! akan membagikan konten renungan dalam berbagai topik mulai dari doa, iman, keselamatan, kasih, komunitas, keluarga, dan masih banyak lagi. Jika setelah membaca artikel ini anda tergerak untuk berkontribusi melalui wadah ini, anda dapat menghubungi kami melalui email ke daylightworks@gmail.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s